Kamis 17 Feb 2011 13:24 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Empat Opsi Penyelesaian Masalah Ahmadiyah?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sebagai tanggapan atas tekanan berbagai pihak dalam upaya penyelesaian Ahmadiyah, pemerintah berencana menggelar dialog yang melibatkan ormas Islam, LSM dan Ahmadiyah. Pertemuan itu diharapkan memberikan solusi atas pro dan kontra kedua belah pihak. Demikian pernyataan Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta beberapa waktu lalu.

Suryadharma menilai dialog merupakan opsi terbaik guna memberikan pemahaman yang proporsional dan utuh tentang masalah Ahmadiyah. Selama ini, menurut Suryadharma, pandangan yang beredar tentang Ahmadiyah tidak didasari pengetahuan yang cukup. Sebab itu, Dialog tersebut nantinya tidak hanya sekedar merumuskan atau menyepakati persoalan secara temporal tetapi lebih permanen dan menyeluruh.

Lebih lanjut, dikatakan Suryadharma, pihaknya memiliki empat opsi yang berkaitan dengan masalah Ahmadiyah. Pertama, ahmadiyah menjadi sekte tersendiri dengan menanggalkan atribut keIslaman. Kedua, Ahmadiyah kembali ke ajaran dan agama Islam yang benar dan kaffah. Ketiga yaitu Ahmadiyah dibiarkan sebagaimana mestinya. Sedangkan alternative keempat itu dibubarkan.

Meski demikian, empat opsi tersebut tidak menjadi jaminan akan diterima DPR. Karena itu, guna membuka wawasan lebih mendalam. Opsi dialog menjadi solusi efektif guna menghadirkan pemenuhan solusi atas masalah Ahmadiyah.Prinsipnya, kata Menteri, alternatif yang dipilih tidak mungkin memuaskan seluruh pihak.

 

Courtesy of youtube/Doc. rolTV