Jumat 05 Jul 2024 21:07 WIB

Red: Agung Sasongko

Dukung Perjuangan Palestina, Komite Palestina PBB: Terima Kasih Masyarakat Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Delegasi Biro Komite Palestina PBB bertemu dengan Wakil Presiden KH Maruf Amin di Jakarta. Delegasi mengutarakan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh komponen bangsa, baik pemerintah maupun masyarakat.“Tujuan utama kunjungan ke sini adalah bukan meminta dukungan, tapi untuk mengucapkan terima kasih. Terima kasih terhadap apa yang selama ini telah dilakukan Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina,” tutur Wakil Ketua Komite Arrmanatha C. Nasir (Wakil Tetap Indonesia untuk PBB) dalam keterangan pers usai menemui Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Kamis (04/07/2024).

Ia menyampaikan bahwa dukungan yang dikerahkan oleh bangsa Indonesia bukan hanya dukungan politis, tapi juga dukungan konkret. “Dukungan konkret ini sepertinya bisa dilihat yang baru-baru kejadian di Gaza. Situasi di Gaza yang sangat buruk. Namun Indonesia merupakan salah satu negara pertama yang memberikan bantuan secara konkret,” jelasnya.

Sementara terkait dukungan politis, kata Nasir, Indonesia selalu membawa isu Palestina, seperti di forum PBB, ASEAN, dan G20.

“Indonesia selalu mendorong agar negara-negara yang belum mendukung kemerdekaan Palestina atau recognize (mengakui) Palestina untuk mengakui dan mendukung kemerdekaan Palestina,” paparnya.