Kamis 08 Feb 2018 16:19 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Sadly Rachman

500 Alquran untuk Masjid Terdampak Tropis Cempaka

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) DIY dan Badan Wakaf Alquran DIY memberikan bantuan Alquran kepada masjid-masjid terdampak siklon tropis cempaka di DIY. Sebanyak 500 kitab suci Alquran disebarkan ke masjid-masjid yang ada di kabupaten/kota sekitaran DIY.


Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo mengatakan, langkah ini bermula ketika PMI mendatangi langsung masyarakat terdampak siklon tropis cempaka di sekitaran DIY. Saat itu, PMI melihat begitu banyak Alquran yang dijemur di masjid-masjid.


Kondisi Alquran sendiri terbilang mengkhawatirkan mengingat selain basah, tidak sedikit kitab suci yang terkena lumpur. Sayangnya, lokasi yang sulit membuat kondisi itu tidak banyak mendapat sorotan khalayak.


Padahal, kondisi air yang menggenangi masjid-masjid terbilang sangat tinggi ketika dampak siklon tropis cempaka terjadi tahun lalu. Karenanya, PMI menggandeng Badan Wakaf Alquran demi bisa menggantikan kitab-kitab tersebut.


"Alhamdulillah, kita dibantu 500 kitab suci Alquran dan langsung diberikan ke masjid-masjid yang terkena musibah," kata Prabukusumo kepada Republika, Kamis (8/2).

Berikut video lengkapnya.

 

 

  • Videografer:
  • Wahyu Suryana
  • Video Editor:
  • Fian Firatmaja