Selasa 15 Mar 2016 17:40 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

'Pemimpin Korut Harus Tanggung Jawab atas Kejahatan Kemanusiaan'

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Penyidik khusus PBB, Marzuki Darusman mengatakan, para pimpinan Korea Utara, termasuk pemimpin tertinggi Kim Jong Un, harus bertanggung jawab atas kejahatan kemanusiaan yang dilakukan terhadap rakyat mereka. 

Dalam enam tahun terakhir, serangkain laporan yang memberatkan Korea Utara kepada Dewan PBB yang berisi rincian berbagai pelanggaran HAM yang mengerikan.

"Saya ingin menegaskan kembali himbauan saya kepada masyarakat internasional untuk mengambil langkah guna memastikan para pemimpin senior Republik Demokratik Rakyat Korea bertanggung-jawab, termasuk Kim Jong Un," tukasnya.

Dilansir VOA Indonesia, pakar HAM itu mengatakan Korea Utara benar-benar mengabaikan semua permintaan yang diajukan Dewan HAM PBB untuk meringankan penderitaan rakyatnya. Marzuki menyampaikan laporannya kepada Dewan HAM PBB di Jenewa hari Senin.

Korea Utara memboikot sidang dewan HAM PBB tersebut dan tidak menggunakan hak jawab sebagai negara berkepentingan. Awal bulan ini, Korea Utara menuduh Dewan HAM PBB menggunakan standar ganda dan bertekad tidak akan terlibat dalam pemeriksaan.

 

 

Video Editor: Casilda Amilah