Ahad 09 Aug 2015 08:32 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Pepatah 'Praktik Membuat Sempurna' Belum Tentu Tepat

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Pepatah 'praktik membuat sempurna' sering kali ditanamkan pada anak. Orang-orang sukses seperti Michael Jordan, Yo Yo Ma, dan Bill Gates juga mengatakan hal yang serupa, berlatih sama dengan sukses. Tetapi sebuah penelitian terbaru mengatakan bisa jadi gen yang membuat mereka menjadi sukses. 

Para ilmuwan dari Universitas McGil di kanada dan Universitas Munster di Jerman menemukan perbedaan bagian otak bakat individu dengan bagian-bagian yang diaktifkan lewat pelatihan. Penelitian ini melibatkan studi otak dari 15 orang dengan sedikit latar belakang musik atau tidak ada sama sekali. Peserta diminta untuk mempelajari potongan piano sederhana selama enam minggu. 

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa memang bagian-bagian tertentu dari otak menunjukkan perubahan yang dipengaruhi oleh latihan secara teratur. Namun tidak pada struktur otak lain yang mempengaruhi seberapa baik peserta melakukannya. Penelitian ini menunjukkan seberapa banyak kemampuan seseorang bergantung pada keterampilan bawaan dan seberapa banyak yang tergantung pada pelatihan.

Ketua neurologi Melvin Witcher mengatakan sebagian orang memiliki kemampuan untuk memilih instrumen dan memainkannya dengan mudah, sementara yang lain harus berlatih berjam-jam. 

 

 

Video Editor: Casilda Amilah