Senin 20 Jun 2011 12:32 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Tips Teliti saat Membeli Ponsel Bekas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Perkembangan teknologi telepon seluler memang luar biasa. Satu model ponsel diperkenalkan akan disusul dengan varian-variannya yang boleh dibilang beda-beda tipis bila dilihat dari sisi harga dan fitur. Kondisi itu tentu berpengaruh secara psikologis terhadap pengguna ponsel untuk segera berganti model. 

Bagi anda yang tahu tren teknologi hanya saja tidak berkenan menghambur-hamburkan uang untuk membeli ponsel baru, ponsel bekas atau seken perlu anda lirik. Nah, berikut ada sejumlah hak yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli ponsel bekas.
Langkah pertama, cari tahu apakah ponsel bekas atau second tersebut masih dalam masa garansi atau tidak. Biasanya ponsel yang masih bergaransi adalah ponsel yang belum berumur lebih dari setahun dari tanggal pembelian tangan pertama. Artinya, ponsel itu cukup terjamin kualitasnya. 
Langkah selanjutnya, periksa kondisi luar maupun dalam ponsel apakah masih dalam keadaan baik dan yang terpenting tidak cacat. Ada baiknya buka casing ponsel untuk memastikan apakah ponsel tersebut pernah terjatuh ataupun pernah diperbaiki. Perhatikan kondisi secara detail dari LCD, keypad hingga yang sepele seperti nada getar.
Terakhir, periksa dan pastikan apakah nomor IMEI pada ponsel, nomor IMEI pada mesin ponsel dan nomor IMEI yang tertera pada dos ponsel sama. ( Klik Video )