Selasa 25 Jan 2011 16:37 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Islam Bukan Komoditas Politik

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Penggagas Pusat Kebudayaan dan Masjid Ground Zero,  Imam Feisal Abdul Rauf, mengatakan dirinya tak ingin melihat Islam menjadi komoditas politik di AS. Menurutnya, peran komunitas Muslim AS saat ini adalah depolitisasi Islam bukan menjadikannya komoditas politik.

Seperti dialporkan Detroit News, Senin (17/1),  Rauf juga mengatakan ketidakinginannya Islam dijadikan komoditas politik antara partai Republik dan Demokrat. Dia menilai Islam seharusnya menjadi aspek pemersatu AS.

Rauf mengatakan apa yang diperlukan saat ini diskursus tentang  Islam dan Muslim di AS. Menurutnya, Muslim di AS harus mengubah arah diskursus tersebut, dan mulai menjadikan Islam sebagai ‘resep kesembuhan’.  Ia  pun menghimbau Muslim untuk mempromosikan persatuan umat, meski mereka berasal dari ras dan etnis berbeda.

Detroit, merupakan perhentian pertama dalam tur Abdul Rauf keliling AS guna meluruskan pemahaman tentang Islam dan masjid Ground Zero. Detroit, yang terletak di negara bagian Michigan, dikenal memiliki populasi Muslim terbesar di Amerika Utara.

 

courtesy of youtube