Sabtu 19 Jun 2010 09:03 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Pujian Dari Pangeran Charles

REPUBLIKA.CO.ID, OXFORD--Pangeran Charles saat memberikan pidatonya di Sheldonia Theater, Universitas Oxford beberapa waktu lalu, memuji islam yang begitu menghargai lingkungan. Pidato ini merupakan bagian dari perayaan 25 tahun Pusat Studi Islam Oxford.

Seperti dilansir dari Clickgarden,  pangeran Charles menyatakan  bahwa Alquran tidak pernah memisahkan manusia dengan alam. Menurutnyam ajaran Islam juga menyatakan tidak ada pemisahan antara Tuhan dan alam semesta.

Charles berpandangan ajaran untuk menjaga lingkungan juga terlihat sangat nyata dalam puisi-puisi Islam maupun karya tulis para ahli. Namun demikian, Pangeran Charles juga mengungkapkan bahwa kewajiban untuk menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya ditujukan bagi kaum Muslim.

Dalam kesempatan itu Pangeran Charles juga menekankan pentingnya membangun dialog antara Islam dan dunia Barat. Lewat dialog itu, dia berharap sikap saling pengertian antara Islam dan Barat bisa terbangun lebih baik. Dia akan membantu terjalinnya sikap saling pengertian itu dengan membantu Muslim yang jadi minoritas di Inggris untuk mengintegrasikan diri dengan masyarakat setempat.

 

Courtesey by Youtube