Senin 02 Oct 2017 18:19 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Sadly Rachman

MPM Tanam Bibit Lada dan Gaharu di Kampung Baru Rajang

REPUBLIKA.CO.ID, BERAU --- Majelis Pemberdayaan Masyarakat Muhammadiyah (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan Millenium Challenge Account (MCA) Indonesia serta KEHATI menggelar Tanam Raya Bibit Lada dan Gaharu. Kegitana ini dilakukan bersama masyarakat adat kampung Batu Rajang, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Tengah, (1/10) siang.

Terdapat 49.500 bibit lada dan 24.750 bibit Gaharu yang ditanam di lahan demplot dan lahan masyarakat seluas 200 hektar. Selain lada dan gaharu, masyarakat juga diajak menanam 525 paket bibit empon-empon seperti jahe merah, kunyit, sere, lengkuas, dan temulawak. Serta 214 bibit sayuran berupa cabe rawit, tomat, terong, kangkung cabut, bayam cabut, timun oare, sawi cabut. Dan 7500 paket bibit tanaman hutan seperti Meranti dan Sengon.

Penamanan bibit tersebut merupakan program MPM Muhammmadiyah untuk merestorasi ekosistem hutan tropis, melalui pengembangan hasil hutan non kayu. Dengan demikian diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat kampung Batu Rajang. Selain itu, program tersebut juga bertujuan untuk mengurangi emisi karbon serta sebagai pemberdayaan masyarakat Batu Rajang.

Dalam kegiatan itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir juga menandatangani berdirinya koperasi koperasi Ilu Udip Mading yang sebuah koperasi kampung yang dibentuk masyarakat dengan pendampingan MPM Muhammadiyah untuk pengembangan hasil budidaya tanaman.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer:
Andrian Saputra

Video Editor:
Fian Firatmaja