Jumat 04 Sep 2015 18:18 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Tim Nasa Simulasi Kehidupan Mars

REPUBLIKA.CO.ID, HAWAII -- Sebuah tim yang dibentuk Nasa mulai mensimulasikan kehidupan di Mars dengan tinggal di sebuah kubah dekat gunung berapi Mauna Loa, Hawaii. Tim berjumlah enam orang ini terdiri dari seorang pilot, arsitek, wartawan, ilmuwan tanah, fisikawan dan astrobiologis. 

Peserta akan menghabiskan waktunya selama setahun di dalam kubah berdiameter 11m dan tinggi 6m. Jika ingin melakukan perjalanan ke luar kubah, peserta juga harus mengenakan baju asronot.

Para peneliti akan memantau peserta melalui kamera pelacak gerakan tubuh yang di letakkan di dalam kubah. Kamera tersebut akan membantu peneliti mempelajari reaksi sosial dan emosional, sehingga dapat mengetahui bagaimana nanti mereka mungkin bereaksi terhadap isolasi, tempat sempit, dan paksaan bekerja. 

Ini merupakan eksperimen terlama yang dilakukan Nasa. Sebelumnya, Nasa sudah melangsungkan eksperimen selama empat bulan dan delapan bulan. Para ahli memperkirakan bahwa misi manusia ke Planet Merah membutuhkan waktu antara satu dan tiga tahun.

 

 

Video Editor: Casilda Amilah