Senin 19 May 2014 18:46 WIB

Rep: Kingkin Jiwanggo/ Red: Sadly Rachman

Very Necessary: Musik Hip hop Sebagai Media Dakwah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hip Hop merupakan sebuah aliran musik asal Amerika yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970'an. Aliran musik ini diisi dengan musik dari Disk Jockey (DJ) dan teknik vokal yang dilakukan dengan cepat atau disebut dengan Rapping.

Kelompok musik bernama Very Necessary yang bertindak sebagai Duta Besar Hip Hop melalui Kedutaan Amerika Serikat mengunjungi Indonesia untuk mengadakan sebuah rangkaian tur. Kunjungan mereka merupakan sebuah program yang bertujuan untuk memelihara keberagaman dan perdamaian.

Kelompok yang beranggotakan Anas Canon, Baraka Blue, Sunni Ali dan Eric Rico tersebut sempat menyambangi Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Jakarta, Jumat (17/5). Kesemua personel Very Necessary adalah muslim. Selain tentang cinta dan perdamaian lirik-lirik yang mereka miliki juga mengandung unsur dakwah.

Muhyiddin Ishaq selaku Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Ulum menyambut baik kedatangan mereka. Muhyiddin mengatakan lagu-lagu mereka banyak mengandung pesan moral dan bisa dibilang sebagai musik dakwah. Berikut video lengkapnya.

 

Videografer & Video Editor: Kingkin Jiwanggo