Sabtu 04 Dec 2010 21:00 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Buku Islam Kian Berkualitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Buku-buku Islam tidak lagi dinomorduakan pembaca tanah air. Dalam perkembangannya buku-buku Islami yang diterbitkan oleh penerbit Indonesia banyak diminati oleh masyarakat dalam negeri. Bahkan, karya tulis tersebut menjadi rujukan penting oleh sebagian Muslim  di mancanegara seperti di Thailand, Malaysia, dan Philipina.

Ketua Tim Juri IBF Award, Azyumardi Azra menilai membaiknya posisi buku Islam harus disertai dengan peningkatan kualitas buku hasil terbitan anak negeri. Azra mengatakan dua dasawarsa terakhir kesadaran masyarakat Muslim menengah ke atas untuk membaca dan mengkoleksi buku Islam meningkat.

Sayangnya, membaiknya posisi buku islam tidak didukung penuh pemerintah. Padahal, mestinya pemerintah turut serta mendorong upaya membangun peradaban bangsa melalui peningkatan minat membaca. Pasalnya dinegara lain, dukungan penuh terhadap penyelenggaraan peningkatan kualitas buku melalui pameran dan penghargaan sangat membantu.

Sementara itu, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta akan menggelar kembali hajat tahunan Islamic Book Fair yang ke-10. Acara akan digelar pada tanggal 4-13 Maret 2011. Menurut Ketua IKAPI DKI Jakarta, Afrizal Sinaro, IBF bertujuan untuk  meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia sehingga berkonstribusi terhadap upaya pencerdasan bangsa.

Selama penyelenggaraan berlangsung pameran mampu menarik minat pengunjung.Bahkan terjadi peningkatan jumlah peserta dari tahun ke tahun. Tahun 2010 lalu total partisipan sebanyak 302 peserta meningkat menjadi 368 tahun ini.

IBF kali ini mengangkat tema Khazanah Islam Untuk Peradaban Bangsa. Tema tersebut penting sebagai wujud kepedulian umat Muslim terhadap krisis multidimensi yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia. Sehingga diharapkan, ajang IBF mampu memberikan inspirasi untuk mencintai buku dan mendalami khazanah-khazanah Islam agar berpengaruh terhadap upaya perbaikan Bangsa.
Sebanyak 350 stan akan disiapkan dan sekitar 95 persen dari total tersebut sudah diisi. IBF akan diramaikan dengan berbagai rentetan acara seperti bedah buku, pentas seni Islam, dan workshop.