Kamis 14 Mar 2024 20:57 WIB

Red: Agung Sasongko

Restoran Meledak di China, Tujuh Orang Meninggal Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah ledakan besar mengguncang Kota Sanhe di Provinsi Hebei, dekat ibu kota China, Rabu (13/3) pagi. Ledakan itu datang dari sebuah restoran ayam goreng, yang diduga mengalami kebocoran gas. Media lokal Xinhua sempat melaporkan korban tewas sebanyak dua orang, sebelum memperbarui data korban menjadi tujuh tewas dan 27 luka-luka.

Imbas kejadian ini, sebuah perusahaan lokal menyetop sementara penyaluran gas ke 50 kompleks perumahan dan usaha di area sekitar, menurut media berita milik pemerintah, China National Radio. Ledakan dan kejadian seperti ini sering terjadi di China akibat longgarnya standar keselamatan dan lemahnya penegakan hukum. Juni lalu, sebuah ledakan di restoran barbeku di barat laut China menewaskan 31 orang.

Presiden Xi Jinping telah menyerukan rentetan insiden ini sebagai 'refleksi mendalam' dan mendorong upaya untuk meminimalisasi kejadian serupa. Pemerintah China tahun lalu telah mengeluarkan pedoman keselamatan dalam menggunakan perangkat gas dan alat masak.