Rabu 13 Sep 2023 13:01 WIB

Red: Sadly Rachman

KBRI Dukung Penuh Kehadiran BNI di Belanda Besarkan Potensi Bisnis Diaspora (1)

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG -- Kedutaan Besar RI untuk Belanda mendukung kehadiran PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) di Belanda. Diharapkan, BNI dapat segera beroperasi secara penuh untuk memudahkan transaksi diaspora di Belanda.

Meski belum 100 persen kantor cabang, kehadiran BNI sudah sangat membantu diaspora Indonesia, terutama terkait informasi urusan perbankan. Duta Besar RI nutuk Belanda Mayerfas mengatakan, BNI banyak bertemu diaspora dan pengusaha Indonesia untuk memberikan informasi terkait perbankan.

Mayerfas melanjutkan, potensi transaksi di Belanda yang membutuhkan dukungan BNI sangat besar. Ia mencontohkan, pekerja Indonesia dapat mengirim uang Rp 6 miliar per bulan ke satu daerah. "Itu baru uang pribadi, belum uang yang melibatkan pengusaha, pasti lebih besar," kata pria yang pernah menjadi duta besar RI untuk Vietnam.

Mayerfas berharap BNI dapat segera beroperasi penuh di Belanda. Saat ini, BNI baru hadir secara full branch di Inggris. Sejak adanya Brexit, sejumlah aturan berubah yang menyebabkan diaspora di Belanda kesulitan mengakses fasilitas di London.

KBRI juga terus berupaya memfasilitasi kehadiran BNI di Belanda. KBRI berharap dapat menjembatani kehadiran BNI sesegera mungkin.

Ikuti perbincangan lengkapnya bersama jurnalis Republika.co.id, Elba Damhuri.

 

 

Tim Republika TV:

Elba Damhuri/Sadly Rachman/Friska Yolanda