Jumat 22 Sep 2017 15:21 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Sadly Rachman

Budaya Kirab Pusaka Satu Suro Pura Mangkunegaran

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Pura Mangkunegaran melaksanakan kirab pusaka malam satu suro Rabu malam kemarin. Ratusan warga begitu antusias menyaksikan iring-iringan abdi dalem yang membawa lima buah pusaka dari Pura Mangkuneggaraan. Pusaka-pusaka tersebut diarak mengelilingi pura Mangkunegaran.

Dalam prosesi kirab, setiap peserta yang ikut dalam iring-iringan mengelilingi pura Mangkunegaran berjalan tanpa mengenakan alas kaki. Tak hanya itu, selama dalam perjalanan peserta juga tak diperkenankan berbicara. Hal tersebut merupakan aturan yang wajib ditaati peserta kirab pusaka satu suro yang merupakan tradisi tahunan menyambut pergantian tahun baru Islam.

Kirab pusaka satu Suro tak hanya diikuti warga Solo dan sekitarnya, sejumlah wisatawan asing pun nampak antusias menyaksikan setiap prosesi kirab. Misalnya saja Melyne Davin (28 tahun), wisatawan asal Prancis itu merasa senang bisa melihat langsung kirab pusaka satu suro. Ia tertarik dengan prosesi iring-iringan pusakan dan antusias warga yang berebut air Jamasan.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer:
Andrian Saputra

Video Editor:
Fian Firatmaja