Selasa 27 Sep 2016 15:00 WIB

Rep: Wisnu Aji Prasetiyo/ Red: Sadly Rachman

Supercar Berbahan Bakar Air Asin

REPUBLIKA.CO.ID, JERMAN — Sejumlah perusahaan mobil di dunia terus berinovasi menghadirkan kendaraan ramah lingkungan yang tidak mengonsumsi bahan bakar minyak. Sebuah perusahaan riset teknologi di Jerman, nanoFlowcell AG berhasil membuat sebuah mobil sport ramah lingkungan yang diberi nama Quant e-Sportlimousine.

Dilansir Dailymail, mobil tersebut dirancang agar dapat menempuh kecepatan penuh hingga 350 km/jam. Menariknya, mobil itu menggunakan bahan bakar air asin. Untuk masalah performa mesin, Quant e-Sportlimousine menggunakan sistem tenaga yang memiliki sel aliran elektrolit.

Teknologi itu mirip dengan sel bahan bakar hidrogen. Namun, cairan yang digunakan untuk menyimpan energi berasal dari air asin. Cairan tersebut nantinya akan melewati membran di antara dua tangki dan menciptakan muatan listrik. Aliran listrik itulah yang kemudian disimpan dan didistribusikan oleh kapasitor super.

Supercar tersebut juga mampu menampung dua tangki air asin berkapasitas 200-liter untuk menempuh jarak sejauh 600 km. Soal akselerasi, Quant e-Sportlimousine diklaim sanggup melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,8 detik. Jika disetarakan, kecepatan mobil supercar itu sama dengan McLaren P1.

Secara keseluruhan, mobil dengan kapasitas empat penumpang ini memiliki panjang 5,25 meter, lebar 2,2 meter, dan tinggi 1,35 meter. Untuk menambah tampilan agar terlihat lebih sporty, pada mobil tersebut disematkan velg berukuran 22-inci lengkap dengan pintu bergaya double gull-wing, serta dibalut dengan kelir 'Chrystal Lake Blue'.

Namun, perusahaan nanoFlowcell belum menentukan harga yang harus dibayar untuk mendapatkan supercar tersebut.

 

 

Video Editor:
Wisnu Aji Prasetiyo

Narator:
Fian Firatmaja