Rabu 16 Mar 2016 14:53 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Menlu AS akan Temui Presiden Putin untuk Bahas Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry hari Selasa (15/3) mengatakan akan bertolak ke Rusia pekan depan untuk berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang penarikan mundur pasukannya dari Suriah, serta prospek perdamaian di negara yang dikoyak perang itu.

“Ini adalah hal yang tidak boleh disia-siakan. Saat ini kita bisa mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri perang dan pertumpahan darah,”  ujar Kerry ketika mengumumkan lawatan itu.

Dilansir VOA Indonesia, Kerry mengatakan akan sekaligus bertemu Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov untuk membahas tentang “bagaimana bisa mendorong proses politik ini”.

Tetapi diplomat tinggi Amerika itu mengingatkan bahwa “perdamaian abadi mustahil dicapai tanpa transisi politik yang sesungguhnya” dari rezim Presiden Suriah Bashar Al Assad, yang berkeras tidak akan mundur.

Berita lawatan Kerry ke Moskow muncul ketika perundingan perdamaian Suriah hari kedua dilanjutkan di Jenewa dan personil militer pertama Rusia kembali dari Suriah. 

 

 

Video Editor: Casilda Amilah