Ahad 26 Oct 2014 00:00 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Doyan Minum Soda Tampak Lebih Tua?

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Sebuah studi menemukan minuman bersoda dapat membuat sel-sel tertentu dalam tubuh menua lebih cepat.

Peneliti University of California, San Fransisco menyimpulkan minuman soda bergula seperti cola mempengaruhi kesehatan sel-sel darah putih pada skala yang sebanding dengan merokok. 

Para peneliti mempelajari sel darah putih pada 5.309 orang dewasa sehat dengan melihat telomer mereka. Telomer adalah bagian ujung kromosom yang memendek setiap kali sel membelah, dan sel akan mati ketika telomer terlalu pendek.

Dengan demikian, para ilmuan percaya mereka yang memiliki telomer lebih panjang berarti hidup lebih sehat dan muda, sementara telomer yang pendek kurang sehat dan menua lebih cepat.

Dengan melihat data dari survei kesehatan nasional dan pemeriksaan gizi tahun 1999-2002, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi minuman soda bergula berkaitan dengan telomer yang lebih pendek. Konsumsi 350 mililiter minuman bersoda per hari dapat mempercepat penuaan hingga 4,6 tahun.

American Heart Association mengatakan bahwa cara terbaik untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung adalah dengan membatasi tambahan gula harian, yakni tidak melibihi 150 kalori untuk pria dan 100 kalori untuk wanita. Satu kaleng soda 12 ons biasa memiliki 150-170 kalori dan sekitar 40 gram gula.

 

Video editor: Casilda Amilah
Narator: Fian Firatmaja