Sabtu 25 Oct 2014 10:00 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Hampir Sama dengan Sistem Pesawat, Pengemudi Truk Ini Bisa 'Selonjoran'

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Truk biasanya digunakan untuk mengantar barang jarak jauh. Kelelahan selalu menjadi kendala dari pengemudi truk. Akan hal itu Mercedes-Benz menciptakan sebuah truk konsep yang memiliki sistem autopilot.

Hampir sama dengan sistem pesawat terbang, truk masa depan ini bisa berjalan sendiri tanpa harus dikemudikan. Pengemudi harus tetap berada dalam keadaan sadar saat autopilot diaktifkan. Akan tetapi pengemudi bisa melepas kemudi truk dan mengambil posisi nyaman beristarahat.

Memiliki dual kamera, sensor dan teknologi blind-spot membuat Future Truck 2025 bisa membaca keadaan disekitarnya. Saat autopilot di aktifkan, lampu LED di depan truk akan berubah menjadiwarna biru. Ini juga dimaksudkan untuk memberi tanda kepada pengendara lain.

Sebenarnya truk ini sudah diluncurkan bebrapa bulan yang lalu. Akan tetapi dalam video terbarunya, truk tersebut sudah mengalami sedikit perubahan pada desainnya. Diharapkan truk konsep ini benar-benar diproduksi pada tahun yang sama dengan namanya yakni tahun 2025. 

 

Video Editor: Casilda Amilah