Ahad 29 Dec 2013 16:31 WIB

Red: Sadly Rachman

Penetrasi di Kelembutan Pasir Pantai Belitung

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA BELITUNG -- Eksploitasi timah berdampak buruk bagi biodervisty dan sosial kemasyarakatan pulau Belitung. Itu tidak lama, habis gelap terbitlah terang di Belitung. 

Kini, pulai yang diapit selat Gaspar dan Karimata ini tengah menjelma menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Indonesia. Keindahan pantainya, keramahan masyarakatnya dan budaya Melayu yang kental membuat Belitung begitu istimewa.

Pantai di pulau ini hampir semuanya berpasir putih yang lembut. Apalagi dihiasi dengan batu-batu besar. Memberikan kesan pantai ini sangatlah unik. Adapun tempat wisata yang cukup popular di pulau belitung ini adalah pantai Tanjung Pendam, Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi, pulau Burung dan Pulau Lengkuas.

Dari mana memulainya, kita bisa melalui Kota Tanjung Pandan, dari kota ini kita dapat langsung berwisata ke pantai-pantai yang eksotis di belitung, seperti pantai tanjung kelayang ataupun tanjung tinggi. Kira-kira 1 jam perjalanan.

Usai lelah berkeliling, saatnya menikmati kuliner. Pulau Belitung dikenalkan dengan kuliner ikan yang lezat. Sepanjang pantai banyak tersedia rumah makan sederhana. Jangan lupa menyeruput kopi, yang kabarnya menambah nikmat plesiran di Belitung.

 

Videografer: Fafa