Kamis 19 Dec 2013 18:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Masih Tabu, Pemanfaatan Kalkulator Tingkat SMP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbeda dengan SMA dan perguruan tinggi yang telah menggunakan kalkulator sebagai alat bantu pembelajaran, kalkulator di SMP sendiri masih agak tabu.  Ini yang coba diluruskan pada acara seminar dan workshop sosialisasi kurikulum 2013 pembelajaran matematika SMP di SMP 28 Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Para guru SMP se-Jakarta diajarkan cara menggunakan kalkulator dengan baik serta dijelaskan mengenai penggunaan kalkulator sebagai alat bantu pembelajaran bagi siswa. Hal tersebut bertujuan agar para guru tidak salah dalam menerapkan alat bantu berhitung bagi siswa.

"Intinya kalkulator sangat membantu, kususnya dalam hal ini kita tidak langsung memberikan kalkulator pada siswa, siswa harus paham prosesnya, dan kalkulator sebagai alat untuk mengecek hasilnya, Kata Sulis Riyanto Selaku guru matematika SMP.

Menurutnya,  penggunaan kalkulator sebagai alat bantu pembelajaran ditingkat SMP memang masih tabu, hal tersebut mungkin disebabkan oleh guru yang kurang terbiasa. "Namun kalkulator sendiri masih diperlukan baik oleh siswa SMP maupun sekolah lanjutan lainnya, kata Surahman selaku ketua MGMP Matematika propinsi DKI Jakarta. (ADV)