Selasa 03 Dec 2013 00:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Empat Roller Coaster Terdashyat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini beberapa taman hiburan seperti bersaing menghadirkan roller coaster lengkap dengan berbagai keistimewaan. Mulai dari yang paling tinggi, paling kencang, hingga yang berjalan mundur.

Beberapa wahana roller coaster yang paling menguji nyali saat ini versi Republika Online :

1.Bandit Bomber (di Yas Waterworld, Abu Dhabi)

Roller Coaster megah ini kali pertama dibuka Januari 2013 lalu di Abu Dhabi. Pembukaan Bandit Bomber bertepatan dengan musim dingin dengan suhu lebih kurang 70 derajat Fahrenheit.

Memiliki panjang 515 meter, roller coaster tersebut mampu melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Selain itu, wahana ini juga menjadi roller coaster pertama di dunia yang dilengkapi senjata laser mainan dan bom air di setiap kursi.

2. Batman: The Ride (Six Flags Great America, Illinois)

Sejak dibuka kali pertama pada 1992, lebih dari 28 juta pengunjung telah menjajal keganasan roller coaster yang satu ini. Batman: The Ride bisa melaju dalam jalur berputar, vertikal, memutar layaknya pembuka tutup botol, hingga maju mundur.

Memiliki panjang 822 meter dengan ketinggian 32 meter, roller coaster ini melaju dengan kecepatan 80 kilometer per jam. Jalurnya dibentuk vertikal dengan putaran 360 derajat dan bisa melaju dengan jalan mundur.

3. Gatekeeper (Cedar Point, Ohio)

Diluncurkan kali pertama pada Mei 2013, penggarapan Gatekeeper menghabiskan biaya hingga 26 juta dolar atau sekitar Rp 260 miliar.

Roller coaster tersebut memiliki ketinggian hingga 52 meter. Dengan ketinggian ini, Gatekeeper sekaligus memecahkan rekor sebagai roller coaster dengan turunan tertinggi dan trek terpanjang di dunia.

Dengan panjang lintasan mencapai 1.269 meter, Gatekeeper mampu melaju hingga 108 kilometer per jam.

4. The Smiler (Alton Tower, Inggris)

Di awal pengerjaannya, desainer roller coaster Smiler sampai harus menyewa ahli psikologi untuk membantu mengetahui batas ketakutan yang aman bagi pengguna. Roller coaster yang menghabiskan biaya hingga 27 juta dolar AS atau sekitar Rp 270 miliar itu memang dibuat sedemikian rupa hingga mampu memanipulasi pikiran layaknya jarum suntik raksasa.

The Smiler diklaim mampu mengaburkan batas ilusi dan kenyataan. Dengan panjang 1.170 meter, roller coaster ini melaju dengan kecepatan 85 kilometer per jam di atas ketinggian 30 meter

 

Footage  : Youtube

Teks      : Gita Amanda