Senin 10 Jun 2013 13:34 WIB

Red: Sadly Rachman

Mengamen untuk Pengobatan Tiara

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Sejumlah anak  jalanan dari Kelompok Perempuan Mandiri (KPM) Dewi sartika menari dan bernyanyi diiringi oleh  alat musik sederhana  seperti  ukulele, jimbe, dan biola yang dimainkan rekan-rekannya dalam acara Car Free Day (CFD), di Jl Ir H Djuanda, Kota Bandung, Ahad ( 9/6).

Dari pagi hingga acara CFD di tutup pada pukul 10.00 WIB, mereka tidak berhenti  tampil menghibur masyarakat . Tak sedikit para pengunjung  CFD behenti sejenak untuk menyaksikan dan mengabadikan kepiawaian mereka  dalam berolah seni ,  selanjutnya para penonton pun memberi  apresiasi  dengan mengisi kotak sumbangan.

Kegiatan  tersebut rutin mereka lakukan setiap acara CFD sebagai upaya mandiri untuk membiayai keperluan pendidikan dan kesehatan anak-anak jalanan. Saat ini, bantuan yang terkumpul akan digunakan untuk  membantu rekan mereka  yaitu Tiara Miliani (4 tahun), yang saat sedang sakit. Tiara adalah seorang gadis dari keluarga pemulung  yang saat ini menderita bocor jantung.   Untuk  biaya pengobatan dan operasinya memerlukan biaya yang sangan besar.

Ketua Pembina KPM Dewi Sartika, Priston mengungkap Tiara mempunyai hak untuk menerima pelayanan medis yang baik, pemerintah seharusnya peduli dan peka. Kenyataanya, untuk pengurus semua itu sangat berbelit-belit.  Untuk itu kami mendampinginya. KPM bersama masyarakat Bandung akan membantu dengan harapan Tiara kembali sehat.

 

Teks & Videographer: Edi Yusuf/Republika
Narasi: Agung Sasongko