Senin 27 Aug 2012 16:03 WIB

Red: Sadly Rachman

Kembang Ros, Industri Rumah Tangga yang Didukung Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, Pernah dengar Kue Kembang Ros? Kue ini jenis makanan ringan khas yang unik, mudah diolah dan cepat saji. Nah, industri ini sekarang sedang dikembangkan oleh penduduk Desa Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Pada Rabu (15/8) lalu, PT Pertamina (Persero) mengadakan pelatihan dan pengembangan industri kue Kembang Rose di Desa Belimbing.

Ast. Community Development  PT Pertamina (Persero) Fuel Retail Marketing Region III, Fajri Pradana Putra mengakui tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keahlian para ibu warga Desa Belimbing untuk bisa mengolah bahan makanan dengan kualitas baik dan bentuk unik. '' Sehingga terlihat cantik dan menarik,'' ujarnya.

Diharapkan dengan pelatihan industri kue Kembang Ros, bisa meningkatkan taraf hidup dan menjadi sumber pendapatan tambahan bagi warga desa Belimbing. Acara pelatihan ini menurut Fajri, selain bertujuan untuk mengembangkan keahlian juga sebagai program rutin yang selalu dilaksanakan Pertamina di beberapa desa di Indonesia.

Desa Belimbing merupakan lokasi jalur pipa BBM pertamina, yang mendistribusikan avtur langsung dari kapal ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Desa ini merupakan daerah yang cukup vital dalam menjaga kelangsungan operasional bandara. ''Jadi sudah sepantasnya Pertamina menjalin hubungan yang baik dengan penduduk demi menjaga teknis keamanan dan keselamatan,'' ungkap Fajri.


Pelatihan yang diadakan Pertamina ini, mendapat sambutan positif dari warga. Ketua PKK Desa Belimbing, Hj Wanih Hapsari mengatakan warga langsung dibekali ilmu serta pengetahuan serta ditindaklanjuti dengan permodalan dalam mengembangkan usaha.  ''Kami sangat berterimakasih atas berlangsungnya acara CSR yang diadakan oleh Pertamina ini,'' ungkapnya.

Manager Pertamina Soekarno Hatta Aviation Fuel Terminal & Hydrant Installation (SHAFTHI), Ida Purba Satia menyatakan pelaksanaan pelatihan ini sebagai sebuah kontribusi langsung Pertamina terhadap masyarakat. ’Sebagai suatu entitas bisnis yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat Pertamina menyadari tak akan pernah besar tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat,'' katanya.

Sehingga Pertamina harus mampu memberikan kontribusi riil bagi lingkungan khususnya yang berada di sekitar area operasi Pertamina. ''Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), kami berusaha untuk senantiasa peduli dengan lingkungan fisik dan sosial di sekitar daerah operasi kami,'' ujar Ida. (adv)