Senin 13 Jun 2011 12:10 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Hilangnya Kemandirian dan Kepercayaan Diri Bangsa Indonesia, Benarkah?

REPUBLIKA.CO.ID, CIPUTAT--Aktualisasi nilai Islam penting dilakukan guna menangkal dominasi atas dunia Islam. Akantetapi aktualisasi itu bukanlah hal yang mudah. Sebab, terdapat banyak faktor penghambat upaya tersebut. Salah satunya adalah zionisme.

Demikian pemaparan Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani saat memberikan kuliah umum yang berlangsung di Universitas Syarif Hidayatullah, Jakarta, Kamis lalu.

Karena itu, Ali mengajak umat Islam terutama komunitas Muslim Indonesia untuk bersatu. Menurut dia, persatuan dan kesatuan antarnegara Islam merupakan strategi utama untuk menggapai kejayaan Islam. Negara-negara saling bersinergi dan mendukung satu sama lain. 

Wakil Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amsal Bakhtiar, bangsa Indonesia patut meneladani Iran dalam kemandirian dan kepercayaan diri sebagai bangsa yang bermartabat. Kedua hal ini dinilai kian hilang dari sanubari bangsa. Indonesia malah kerap terjebak terhadap isu-isu yang kontraproduktif.

Dikatakan Amsal dunia Islam, pengembangan empat pilar utama yaitu penguatan nilai dan moralitas, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu dilakukan.Apalagi, Indonesia kaya dengan kekuatan masyarakat madani seperti NU-Muhammadiyah. Ormas-ormas Islam tersebut akan membantu dalam mengaggkan keempat pilar tersebut. ( Klik Video )