Jumat 07 Jan 2011 08:25 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Dalai Lama Puji dan Bela Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tekanan dunia barat terhadap Islam memunculkan reaksi simpati dari pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama. Dalam pernyataannya Dalai Lama mengatakan Islam merupakan salah satu agama paling penting dari dunia. Karena itu menurutnya Islam harus dilindungi. Dia menyayangkan pihak-pihak yang mengeneralisasikan Islam sebagai sesuatu yang menakutkan.

Menurut Dalai Lama Islam dicitrakan negatif lantaran segelintir pihak yang tidak bertanggung jawab. Bahkan Ia menyebut pihak-pihak itulah yang berniat membajak Islam untuk tujuan yang tidak terpuji.

Seperti dilaporkan Yahoonews, Kamis (30/12), Dalai Lama meminta kepada masyarakat dunia khususnya dunia barat untuk tidak antipati pada kata jihad. Menurutnya, jihad dalam pengertian yang sebenarnya adalah menaklukkan yang jahat dalam diri seseorang. Menurut Dalai Lama, hidup ini tidak mudah dan tidak ada jaminan, orang muda harus memiliki visi untuk membawa masa depannya secara konstruktif.

Sosok pejuang perdamaian ini sebelumnya sempat menerima gelar honoris causa dari Jamia Millia Islamia. Dia pernah menyatakan komitmennya untuk kerukunan agama. Sejak tanggal 11 September, dirinya telahmembela Islam. Dalai Lama menilai Islam adalah salah satu agama penting di planet ini, dan harapan bagi jutaan orang.