Selasa 18 May 2010 03:06 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Majelis Taklim, Bukan Sekedar Sarana Media Dakwah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tepat akhir pekan lalu, republika mengunjungi Majelis Taklim Masjid Annasil Muttaqin yang berlokasi di Kompleks perumahan Sari Gaperi, Jati Bening, Bekasi, Jawa Barat.  Kunjungan harian khusus komunitas muslim itu merupakan bagian dari program Syiar Republika yang terus digalakan.

Majelis Taklim Annasil Muttawin berdiri pada tahun 1990. Awalnya, majelis ini merupakan pengajian rutin ibu-ibu dari rumah ke rumah. Lantaran anggota majelis kian bertambah, pengajian pun mulai diadakan di masjid. Nama masjid kemudian dijadikan nama majelis taklim ini.

Majelis taklim Annasil Muttaqim sedari awal fokus pada pembelajaran tafsir Quran. Namun, mereka tetap juga mempelajari tadjwid dan fikih. Tak jarang pula diselipkan diskusi dengan tema beragam.

Selain sebagai sarana dakwah, majelis ini juga memiliki program sosial seperti menyantuni anak yatim, dhuafa dan mengunjungi korban-korban bencana alam.

Menurut Seksi Dakwah Majelis, Husna, pembentukan majelis selain menjadi sarana menuntut ilmu juga menjaga silaturahmi antar anggotanya.