Ahad 25 Aug 2024 09:57 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Fian Firatmaja

Prabowo Jamin Jokowi tak Intervensi Pilkada 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden terpilih Prabowo Subianto memastikan Presiden Jokowi tak pernah melakukan intervensi dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Bahkan, ia mengungkap, Jokowi tak pernah menitipkan nama siapa pun untuk dicalonkan di pilkada.

"Saya jamin enggak ada itu. Pak Jokowi, saya bertemu berkali-kali, dia enggak pernah nitip 'tolong ini jadiin ini', enggak ada. Saya jamin tidak ada," kata Prabowo saat memberikan sambutan dalam Kongres Ke-6 PAN di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, Sabtu malam WIB.

Dia berani bertanggung jawab atas pernyataan itu. Menurut Prabowo, Jokowi tak pernah ikut campur dalam urusan Pilkada 2024. "Saya katakan harus benar, benar dan salah, salah. Saya pertangggungjawabkan, Pak Jokowi tidak pernah nitip-nitip ini, tidak pernah," kata menteri pertahanan tersebut.

Menurut Prabowo, untuk urusan Pilkada 2024, Gerindra telah menyerahkannya kepada kader-kader yang lebih muda. Dia mengaku tak akan mempermasalahkan siapa pun nantinya calon kepala daerah yang akan terpilih.