Kamis 25 Jul 2024 21:29 WIB

Red: Agung Sasongko

Pidato Perdana Biden Pascamundur dari Pilpres Diserang Trump

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Untuk pertama kalinya sejak mundur pilpres, Presiden AS Joe Biden berpidato di Kantor Oval pada Rabu (24/7) malam, menjelaskan soal kemundurannya. Pidato semacam ini termasuk langka — ia hanya pernah empat kali pidato dari Kantor Oval sejak berkuasa pada 2021.

Dalam pidatonya, ia menyinggung soal janji-janjinya, soal Gaza hingga Ukraina, dan pujiannya terhadap Wapres Kamala Harris, yang ia dukung sebagai penerusnya di pilpres AS tahun ini.

Di sisi lain, capres Partai Republik Donald Trump langsung merespons dan mengejek pidato Biden, serta Kamala Harris. Biden (81) sudah berkarier selama 50 tahun lebih di politik. Perjalanannya menuju periode kedua kandas setelah ia mundur 'nyapres' pada Minggu (21/7).

Biden sendiri sempat melawan Trump dalam debat pilpres pada 27 Juni lalu. Dalam debat itu, sejumlah petinggi Demokrat khawatir akan performa Biden, usia, dan kesehatannya, yang dapat menggerus kesempatan menang pada November nanti. Biden adalah presiden petahana pertama yang tak berniat maju ke periode kedua sejak 1968.