Kamis 27 Jun 2024 15:23 WIB

Red: Agung Sasongko

Kurban Berkah di Minoritas Jangkau Mualaf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mualaf Center Indonesia dalam kurban 1445 H , Tahun 2024 membawa tema Kurban Berkah Hidayah, bermaksud menambah berkah syiar Islam dan memperkuat hidayah umat. Kegiatan Kurban MCI ini kerjasama dengan Dompet Al-Quran Indonesia. Tahun ini MCI menyembelih hewan kurban di daerah minoritas yaitu di Bitung Sulawesi Utara dan Ende Nusa Tenggara Timur.

MCI telah menyembelih 4 ekor hewan kurban sapi, 1 ekor sapi di Bitung Sulawesi Utara dan 3 ekor sapi di Ende NTT. Hewan kurban ini adalah amanah dari para mudhohi Mualaf Center Indonesia.

Penyembelihan dilaksanakan pada hari tasyrik oleh pengurus MCI Daerah Bitung dan MCI Daerah Ende. Pelaksanaan kurban ini sangat membantu syiar Islam di daerah minoritas. " Kurban ini sangat membantu kami dalam memperkuat aqidah para mualaf dan warga muslim di sini " kata Ustadz Sutarman, Ketua MCI Daerah Bitung.

Perjuangan pengurus MCI Daerah Ende dalam melaksanakan kurban ini sangat berat, karena harus membawa 3 ekor sapi lewat laut dengan perahu sederhana. " Kurban MCI ini sengaja diperuntukkan di daerah yang yang sangat sulit dijangkau untuk menambah semangat para mualaf dan warga muslim untuk tetap Istiqomah dalam Islam," kata Ustadz Nurdin Hasan, Ketua MCI Daerah Ende.

Disamping untuk daerah minoritas MCI juga melaksanakan kurban di pelosok-pelosok daerah rawan aqidah di Indonesia, dengan harapan dengan kurban ini semakin memperkuat syiar Islam dan ukhuwah islamiyyah.

" Kami sampaikan jazakumullah khoiron katsiron untuk para mudhohi yang mempercayakan hewan kurban nya kepada MCI dan Dompet Al-Quran Indonesia, semoga ibadah ini diterima Allah SWT dan diberikan keberkahan yang berlimpah," Ujar Koh Fandy Wiyogo Gunawan, Ketua MCI Pusat.