Kamis 20 Jun 2024 06:42 WIB

Red: Agung Sasongko

Los Angeles, 'Ibu Kota' Tunawisma di Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamu tahu nggak, kalau Los Angeles selain terkenal dengan citranya yang glamor, juga dijuluki sebagai ‘ibu kota tunawismanya Amerika Serikat’?

Departemen Perumahan & Pembangunan Kota AS (HUD) mengatakan kepada VOA bahwa pada 2023, ada setidaknya 650.000 tunawisma atau orang yang tak punya tempat tinggal di Amerika Serikat. Sepuluh persen dari angka itu, berada di Los Angeles (LA), dan Skid Row, di pusat LA, adalah wilayah konsentrasi populasi tunawisma tinggal.

Menurut John Garcia, salah satu tunawisma di Skid Row, ia tetap menerima bantuan dana bulanan dari pemerintah AS. “Saya terima bantuan dari pemerintah, kupon makanan $280 (Rp4,5 juta) dan uang tunai $198 (Rp3,2 juta). Ini bukan tempat yang menyenangkan karena banyak kekerasan, banyak kejahatan terjadi, ditambah narkoba, orang memakai narkoba untuk melarikan diri dari ‘sini,’” kata Garcia.

Pada Mei 2024, pemerintahan Biden umumkan hibah $5,5 M (Rp89,2 triliun) untuk perumahan terjangkau, pengembangan masyarakat, dan bantuan tunawisma untuk dorong pertumbuhan ekonomi AS.