Sabtu 15 Jun 2024 18:08 WIB

Red: Agung Sasongko

Rifda: Atlet Senam Artistik Indonesia Pertama di Olimpiade

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rifda Irfanaluthfi (24) adalah atlet senam artistik Indonesia pertama yang berhasil melaju ke Olimpiade sepanjang sejarah tanah air. Ia akan berlaga di Olimpiade Paris 2024, yang akan digelar pada Juli hingga Agustus mendatang.

Sejak kecil, Rifda telah memenangkan berbagai ajang senam artistik. “Keinginannya untuk jadi juara sungguh luar biasa,” kata Yulies Andriana, ibunda Rifda.

Rifda berharap prestasinya tembus ke Olimpiade dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk mewujudkan impian mereka. “Mungkin atlet-atlet seusia saya yang belum pernah lolos ke Olimpiade akan semakin bersemangat untuk bermimpi lebih tinggi,” ujarnya.

Indonesia direncanakan akan jadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam, untuk pertama kalinya pada 2025 mendatang. “Senam perlu ditingkatkan secara komprehensif,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari kepada AFP.

Ia juga mengatakan bahwa peluang bagi atlet perempuan ‘cukup besar’, seiring dengan bertambahnya perhatian terhadap cabang olahraga ini.