Kamis 30 May 2024 14:27 WIB

Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Korut Kirim Balon Berisi Kotoran, Korsel Minta Warga Waspada

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Militer Korea Selatan pada Rabu (29/5/2024) memperingatkan warga yang tinggal di dekat perbatasan dengan Korea Utara untuk waspada setelah Korea Utara mengirimkan balon-balon yang membawa berbagai benda, termasuk sampah hingga kotoran.

Foto-foto yang dirilis oleh militer Korea Selatan menunjukkan sepasang balon putih yang diikat dengan kantung plastik berisikan sampah, kotoran manusia, termasuk botol kosong dengan nama pabrik sabun Korea Utara.

Wakil Menteri Pertahanan Korut menyatakan bersumpah untuk menggunakan kekuatan besar untuk bela diri. Ia juga peringatkan bahwa Korut akan kirim ‘gundukan kertas bekas & kotoran’ ke Korsel sebagai tanggapan atas benda-benda yang juga diterbangkan dengan balon oleh Korsel ke Korut.

Selama bertahun-tahun, aktivis Korsel mengirimkan balon-balon ke Korut yang berisikan selebaran yang mengrkitik pemimpin Korut, atau berisikan USB dengan lagu-lagu K-pop di dalamnya. Para aktivis tersebut umumnya dipimpin eks warga Korut yang membelot dari negaranya. Balon yang diterbangkan ke Korut juga kadang berisi makanan, obat-obatan, lembaran dolar AS, serta USB berisi berita dunia.