Senin 29 Apr 2024 07:41 WIB

Rep: mgrol151/ Red: Agung Sasongko

Doa Nabi Sulaiman Agar Jadi Hamba Bersyukur

REPUBLIKA.CO.ID, Doa Nabi Sulaiman Agar Selalu Jadi Hamba Bersyukur

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Latin:

 

Fatabassama ḍāḥikam min qaulihā wa qāla rabbi auzi‘nī an asykura ni‘matakal-latī an‘amta ‘alayya wa ‘alā wālidayya wa an a‘mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī ‘ibādikaṣ-ṣāliḥīn(a).

Artinya:

“Tuhan Pemeliharaku, anugerahilah aku kemampuan untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh” (QS. an-Naml ayat 19)

Setelah itu, Nabi Sulaiman AS memberitahukan hal itu kepada para pengikutnya. Beliau merasa takjub. Sebab, binatang pun mengerti bahwa nabi-nabi Allah SWT tidak akan mengganggu makhluk lain seperti binatang dengan sengaja dan dalam keadaan sadar.

Demikianlah yang diperbuat oleh Nabi Sulaiman AS. Beliau adalah sosok pribadi yang selalu banyak bersyukur atas segala karunia rahmat yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya.