Jumat 19 Apr 2024 08:16 WIB

Red: Agung Sasongko

Sedekah Menyembuhkan Penyakit?

REPUBLIKA.CO.ID,Dalam riwayat lain, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

(داووا مرضاكم بالصدقة)

"Obatilah orang sakit di antara kalian dengan sedekah." (HR. Abu Daud dalam Al Marasil, Al Baihaqi dalam Al-Sunan Al Kubra, dan Ath-Thabrani)

Para ulama pada Lajnah Al Daimah lil Ifta pernah ditanya soal hadits tersebut. Lalu mereka menjelaskan, hadits tersebut memang tidak shahih, tetapi tidak ada salahnya bersedekah atas nama orang yang sakit untuk dapat meningkatkan kedekatan kepada Allah SWT. Dengan harapan Allah menyembuhkan sakit tersebut. Ini karena adanya keumuman pada dalil lain yang menjelaskan keutamaan sedekah yaitu untuk menghapuskan dosa dan menangkal kematian yang buruk.

Bahkan, Ulama Arab Saudi Syekh Ibnu Jibrin pernah menyampaikan:

 

"الصدقة علاج نافع مفيد ، يشفي الأمراض ، ويخفف الأسقام ، ويؤيده قول النبي صلى الله عليه وسلم : ( الصدقة تطفئ الخطيئة كما يطفئ الماء النار ) - رواه أحمد (3/399) - ، فلعل بعض الأمراض تحدث عقوبةً على ذنبٍ أصابه المريض ، فمتى تصدق عنه أهله زالت الخطيئة فزال سبب المرض ، أو أن الصدقة تكتب له حسنات ، فينشط قلبه بها ، ويخف مع ذلك ألم المرض"

"Sedekah adalah pengobatan yang bermanfaat menyembuhkan penyakit dan meringankan penyakit. Hal ini diperkuat dengan sabda Nabi Muhammad SAW, "Sedekah memadamkan dosa seperti air memadamkan api." (HR. Ahmad). Mungkin ada penyakit yang ditimbulkan sebagai hukuman atas dosa yang dilakukan pasien, maka jika keluarganya bersedekah atas namanya, maka dosanya dihapus dan penyebab penyakitnya dihilangkan, atau dicatat sebagai amal shaleh baginya. Dengan demikian, hatinya terstimulasi oleh amal shaleh tersebut, dan rasa sakit akibat penyakitnya pun menjadi ringan."