Kamis 18 Apr 2024 15:33 WIB

Red: Fian Firatmaja

Tegang, Legislator Georgia Adu Jotos Saat Bahas RUU Kontroversial

REPUBLIKA.CO.ID, Pemimpin fraksi parlemen dari partai berkuasa Georgia, Georgian Dream, Mamuka Mdinaradze dipukul wajahnya oleh anggota parlemen oposisi Aleko Elisashvili, di Georgia, Senin (15/4).

Partai Georgian Dream awal bulan ini ingin membahas kembali RUU terkait ‘agen asing,’ yang mewajibkan organisasi yang terima dana dari luar negeri untuk mendaftar sebagai ‘agen asing’ atau akan kena denda.

RUU itu memicu protes di dalam negeri dan juga telah memperburuk hubungan dengan negara-negara Eropa dan AS, yang bersuara menentang pengesahan RUU tersebut.

Uni Eropa (UE) yang menjadikan Georgia kandidat negara anggota pada Desember, mengatakan langkah tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai UE.

Menurut pemerintah Georgia, Perdana Menteri Urakli Kobakhidze mengadakan pertemuan dengan duta besar Uni Eropa, Inggris, dan AS, Senin (15/4), untuk membahas RUU tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Kobakhidze membela rancangan UU tersebut karena mempromosikan akuntabilitas, dan mempertanyakan negara-negara barat yang menentang.