Senin 19 Feb 2024 17:13 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko

Amalan dan Doa Malam Nisfu Syaban

REPUBLIKA.CO.ID, Dikutip dari buku Hadiah Untuk Wong Kampung: Sebuah Amaliyah Aswaja karya Alaika M. Bagus Kurnia, menyebutkan Imam al-Ghazali mengistilahkan malam Nishfu Sya'ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan). Menurut al-Ghazali, pada malam ke-13 bulan Sya'ban, Allah SWT memberikan sepertiga syafaat kepada hambanya. Sedangkan pada malam ke-14, seluruh syafaat itu diberikan secara penuh.

Dengan demikian, pada malam ke-15, umat Islam dapat memiliki banyak sekali kebaikan sebagai penutup catatan amalnya selama satu tahun. Karena pada malam ke-15 bulan Sya'ban nanti, catatan perbuatan orang-orang Muslim penghuni bumi akan dinaikkan ke hadapan Allah SWT.

Doa Nisfu Sya’ban

 

اللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْهِ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، يَا ذَا الطَّوْلِ وَالإِنْعَامِ. لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِئينَ، وَجَارَ الْمُسْتَجِيرِينَ، وَأَمَانَ الْخَائِفِينَ.

 

 اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مَطْرُودًا أَوْ مُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَإِقْتَارَ رِزْقِي، وَأَثْبِتْنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ سَعِيدًا مَرْزُوقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ، فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ الْمُنَزَّلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ: ﴿يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ﴾،

 

 إِلَهِي بِالتَّجَلِّي الْأَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ، الَّتِي يُفْرَقُ فِيهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ وَيُبْرَمُ، أَنْ تَكْشِفَ عَنَّا مِنَ الْبَلَاءِ مَا نَعْلَمُ وَمَا لَا نَعْلَمُ وَمَا أَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ، إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

 

Arti Doa Nisfu Syaban

 

“Ya AllAh, wahai Dzat yang memiliki anugerah dan tidak diberi anugerah kepada-Mu, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemulyaan, wahai Dzat yang memiliki anugerah dan kenikmatan. Tiada Tuhan melainkan Engkau, dan pertolongan-Nya orang yang mengungsi, dengan keselamatannya orang yang meminta pertolongan dan dengan keamanan serta sentausanya orang yang takut.”

 

“Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku disisi Engkau didalam Ummil Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit dalam rizkiku, maka hapuslah. Ya Allah, dengan anugerah Engkau celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rizkiku dan tetapkanlah aku disisi Engkau dalam Ummil Kitab sebagai orang yang beruntung, memperoleh rizki dan taufik dalam melakukan kebajikan sesungguhnya Engkau telah bersabda dan sabda Engkau adalah benar didalam kitab Engkau yang telah diturunkan atas lisan Nabi Engkau yang terutus. Alloh menghapus apa yang Dia kehendaki dan menetapkan dan disisi Allah Ummul Kitab".

 

 

"Wahai Tuhanku, dengan kenyataan yang agung pada malam pertengahan bulan Sya'ban yang mulia yang di malam pertengahan bulan Sya'ban segala perkara yang ditetapkan dibedakan, hapuskanlah dari saya segala macam mara bahaya yang telah saya ketahui dan yang belum saya ketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, dengan Rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihani. Semoga Allah selalu melimpahkan sholawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad, atas keluarga dan para sahabat beliau.”