Senin 15 Jan 2024 18:52 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko

Dzikir Ketika Sedih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika Nabi Muhammad SAW dilanda kesedihan yang mendalam, beliau mengucapkan zikir dan doa. Berikut lafadznya sebagaimana dilansir di Islam Web, Zikir dan doa ini bersumber dari hadits dari Ibnu Abbas. Sesungguhnya ketika Rasulullah SAW dilanda kesedihan, beliau mengucapkan: 

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَظِيمُ الحَليمُ ، لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيْمِ ، لاَ إلهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ، وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ. 

 

"La ilaha illallahul azhimul halimu laa ilaha illallahu robbul arsyil azhim, laa ilaha illallahu robbussamawaati wa robbul ardhi wa robbul arsyil karim."

"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Santun. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Rabb (Tuhan) yang menguasai arsy, yang Maha Agung. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Dia adalah Tuhan yang menguasai langit, Tuhan yang menguasai bumi, dan Tuhan yang menguasai arsy, lagi Mahamulia." (HR. Bukhari dan Muslim).