Ahad 14 Jan 2024 18:49 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Ini Peringatan Allah Bagi Orang Kafir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Allah SWT mengingatkan orang-orang kafir yang merasa aman dari azab-Nya. Di dalam Surat Al-Mulk Ayat 16 Allah SWT menegaskan bahwa azab-Nya pasti akan menimpa orang-orang kafir.

'Sudah merasa amankah kamu dari Zat yang di langit, yaitu (dari bencana) dibenamkannya bumi oleh-Nya bersama kamu ketika tiba-tiba ia terguncang?' (QS Al-Mulk Ayat 16).

Ayat tersebut menegaskan bahwa bukti kekuasaan dan keluasan ilmu Allah SWT kepada manusia yang tetap durhaka dan merasa aman. Dalam ayat itu, menurut Tafsir Kementerian Agama, Allah memperingatkan orang-orang kafir tentang azab yang akan menimpa mereka.

Tanda-tanda kekafiran terlihat pada sikap, tindakan dan tingkah laku mereka. Oleh karena itu, Allah memperingatkan mereka dengan mengatakan.

"Hai orang-orang kafir apakah kamu sekalian merasa aman dan akan terhindar dari azab Allah, padahal azab itu pasti akan menimpa kamu? Apakah kekuasaan dan kesenangan yang kamu peroleh itu tidak mungkin dilenyapkan Allah padahal kekuasaan dan kesenangan itu semata-mata berasal dari rahmat-Nya? Apakah tidak mungkin bahwa itu adalah ujian dari Allah kepadamu? Ingatlah, Allah telah menimpakan azab yang dahsyat kepada orang-orang dahulu, seperti azab yang ditimpakan kepada Karun dan pengikut-pengikutnya. Mereka telah dibenamkan ke dalam bumi. Pada saat Allah akan membenamkan mereka ke dalam bumi, maka terjadilah gempa yang dahsyat yang mengguncangkan bumi.”

 

 

Video Editor | Havid Al Vizki