Senin 11 Dec 2023 21:11 WIB

Red: Agung Sasongko

Badai Tornado Terjang Tennessee

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badai hebat dan tornado yang menerjang beberapa wilayah negara bagian Tennessee, AS, pada Sabtu (9/12), menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai puluhan lainnya. Kota Clarksville dilaporkan menjadi salah satu wilayah terdampak paling parah, seperti dilansir Reuters.

Pihak berwenang Clarksville mengatakan, tiga orang tewas, termasuk seorang anak kecil, sementara 23 orang dirawat di rumah sakit. Di Nashville, tiga korban juga dilaporkan tewas, menurut Pusat Penanganan Gawat Darurat (EOC) setempat. Sedikitnya 60 orang dirawat di fasilitas kesehatan Nashville, termasuk 9 orang yang kondisinya kritis. Puluhan bangunan dilaporkan hancur di kedua wilayah tersebut.

Wali Kota Nashville Freddie O'Connell mengatakan, kehancuran wilayah tersebut sangat memilukan. Masyarakat mulai membersihkan wilayahnya sejak Ahad (10/12).

“Kami berduka atas hilangnya nyawa dan meminta semua orang terus mengikuti arahan dari pejabat lokal dan negara bagian,” kata Gubernur Tennessee Bill Lee sesaat setelah kejadian. Lee dan istrinya juga mendoakan semua warga Tennessee yang terkena dampak.