Senin 28 Aug 2023 11:42 WIB

Red: Agung Sasongko

LRT Jabodebek Diresmikan Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Dengan mengucap bismillahirahmannirahim, pada pagi hari ini saya resmikan kereta api ringan LRT terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi," kata Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Tiimur, Senin (28/8/2023). 

Setelah diresmikan, nantinya LRT langsung akan beroperasi dan bisa digunakan oleh masyarakat di hari yang sama. Masyarakat dapat langsung menggunakan kartu uang elektronik untuk bertransaksi di stasiun LRT.

LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Saat beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB. Terdapat dua line perjalanan yaitu Line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Stasiun Harjamukti pergi pulang dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Stasiun Jatimulya pergi pulang.

Setiap stasiun LRT telah terintegrasi dengan sejumlah moda Transportasi lainnya seperti Kereta Rel Listrik (KRL), Bus Rapid Transit (BRT), seperti: Transjakarta, Trans Patriot Bekasi, Transjabodetabek (Royal Trans), angkot, dan lain sebagainya.