Senin 10 Jul 2023 20:36 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Ziarah ke Masjid Jin

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH — Masjid Jin merupakan salah satu tempat bersejarah di Makkah yang letaknya tak jauh dari Masjidil Haram. Terletak di Distrik Gazza dan menjadi salah satu ikon favorit jamaah haji untuk berkunjung.

Lokasinya bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 1 kilometer dari pintu keluar Masjidil Haram dengan melewati terminal Syib Amir. Titik koordinat Masjid Jin juga hanya 250 meter dari kompleks pemakaman Ma'la, tempat dimakamkannya Syyidah Khadijah, sejumlah sahabat, juga beberapa ulama Indonesia.

Masjid Jin juga bisa ditempuh cuma tiga menit jalan kaki atau 190 meter saja dari Masjid Asy-Syajarah yang juga merupakan masjid bersejarah lain di kota Makkah.

Konsultan Ibadah PPIH Arab Saudi Adnan Nurzein mengatakan, Masjid Jin dikenal dengan nama-nama lain, seperti Masjid Bai'ah dan Masjid al-Hars. Dinamakan Masjid Bai'ah karena di tempat tersebut Rasulullah menerima rombongan jin yang ingin membaiat beliau.

Dikenal sebagai Masjid al-Hars karena di tempat itu pernah menjadi titik berhenti atau tempat istirahat para penjaga keamanan setelah berpatroli keliling Masjidil Haram. Al-Hars berarti penjagaan. Ada beragam versi sejarah tentang kata "Jin" yang melekat pada nama masjid ini. Ada yang mengaitkannya dengan sekelompok Jin yang bertemu Rasulullah dan hendak membaiat Rasulullah.

 

 

Videografer | Agung Sasongko

Video Editor | Fakhtar Khairon Lubis