Selasa 21 Mar 2023 21:20 WIB

Red: Fian Firatmaja

Meningkatkan Konsumsi Ikan dengan Gemarikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Melalui program gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), pemerintah terus mendorong tingkat konsumsi ikan oleh masyarakat. Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Erwin Dwiyana terangkan. Kegiatan ini memang menargetkan peningkatan konsumsi ikan masyarakat Indonesia. 

Menurutnya ketika konsumsi ikan naik, maka akan turut juga meningkatkan kebutuhan akan ikan. Secara tidak langsung juga akan turut mendongkrak pendapatan nelayan. Erwin terangkan, Gemarikan tak terbatas pada konsumsi ikan segar. Produk olahan dari ikan dan hasil lautnya juga termasuk.

Gayung pun bersambut, program tersebut juga didukung oleh produsen makanan olahan berbahan ikan dan seafood. Direktur PT Sekar Bumi Tbk Howard Ken Lukmito terangkan, produk makanan yang dioalah PT Sekar Bumi Tbk mayoritas berbahan dasar seafood. Secara tak langsung juga akan turut mendukung program Gemarikan yang digaungkan oleh pemerintah.