Rabu 29 May 2019 16:29 WIB

Red: Joko Sadewo

Ramadhan Bulan Berkah Berbagi Kebaikan pada Sesama

REPUBLIKA.CO.ID, Ramadan tidak hanya identik dengan acara buka bersama yang seru, tetapi berkaitan erat dengan selalu berbuat kebaikan. Selama satu bulan penuh kita berpuasa, selama itu juga kita mendapat kesempatan untuk berintrospeksi, menahan diri dari segala ego dan berbagai keinginan jasmaniah yang kerap merajai. Dalam perjalanan menuju kesucian yang penuh tantangan dan godaan, sebenarnya hati kita sedang dilatih untuk menjadi lebih peka, tidak sibuk dengan diri sendiri tapi lebih sensitif melihat pergulatan hidup saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Anda saat ini mungkin sedang bertanya-tanya, apa lagi yang dapat dilakukan untuk berbagi kepada sesama. Ini menjadi sebuah pertanda baik, agar dalam segenap kelimpahan berkah dan karunia ini, kita bisa mencukupkan apa yang menjadi kekurangan dari saudara-sadara kita.

Berbagi tak selamanya harus berupa materi. Anda bisa berbagi apa pun dan kepada siapa saja. Apakah itu melalui jalan berbagi ilmu, keterampilan, maupun yang bersifat material, seperti donasi uang atau sembako. Anda bisa menunjukkannya kepada office boy yang selama ini setia menyajikan secangkir kopi dan teh di meja Anda, tapi setiap hari ia harus berjuang keras menutup berbagai kebutuhan dasar. Anda dapat menyalurkannya kepada petugas yang mengambil sampah di rumah, yang jasanya hanya Anda lihat sepintas lalu. Pendek kata, kita bisa berbagi kepada orang-orang di sekeliling kita, bahkan yang sangat dekat dengan kehidupan kita.

Kemajuan teknologi digital, yang sering menjadi kambing hitam atas sikap antisosial, sebenarnya membuka banyak jalan dan kesempatan untuk berbagi. Anda tentu tidak asing dengan gerakan crowd funding, menggalang dana melalui sebuah situs dan dana itu akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Melalui berbagai situs ini gelombang semangat altruisme dapat menyentuh siapa pun, di mana pun, dan dalam kondisi apa pun, tidak terbatas oleh ruang geografi, ras, agama dan kepercayaan.

Dengan teknologi digital juga, niatan baik kita untuk berbagi dapat dilakukan semudah menggerakkan ibu jari di atas smartphone. Layanan seperti ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai lembaga keuangan perbankan. Salah satunya, melalui layanan keuangan syariah dari Maybank, yang telah bekerja sama dengan lembaga donasi, seperti Dompet Dhuafa dan Global Wakaf.

Ramadan Kareem! Semoga Bulan Ramadan dan segenap kebaikannya menyertai perjalanan hidup kita . Dimulai dari bulan yang penuh rahmat dan berkah ini, setiap hati kembali kepada yang hakiki, kembali meluruskan dan membersihkan hati, sambil berbagi kebaikan kepada saudara-saudara kita. Jadikan Ramadan ini sebagai titik awal untuk melakukan kebaikan dalam keseharian kita.
 Apa yang kecil di mata Anda, menciptakan makna yang besar bagi hidup orang lain. Selamat berbagi!