Jumat 02 Sep 2016 00:02 WIB

Rep: Wisnu Aji Prasetiyo/ Red: Sadly Rachman

Teknologi Canggih Bus Swakemudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Transportasi bus umum sangat akrab digunakan oleh masyarakat dunia. Namun, bagaimana dengan bus umum tanpa sopir (swakemudi) yang mulai diuji coba oleh beberapa negara.

Dewasa ini, beberapa negara mulai melakukan uji coba bus swakemudi buatan Prancis. Bus swakemudi yang dapat membawa 11 orang penumpang tersebut mulai diuji coba di Australia. Seperti dilansir Australia plus, bus berkecepatan 25 sampai 45 km per jam itu telah dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaik.

Mulai dari kelengkapan kamera depan dan belakang, teknologi GPS, rem darurat, serta ditambah dengan tombol berhenti darurat. Bus swakemudi buatan perusahaan RAC itu pun dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi kendaraan dan membaca lalu lintas jalanan.

CEO RAC, Terry Agnew mengklaim, bus swakemudi tersebut lebih aman dan nyaman dibandingkan sebuah mobil dengan sopir. Jika terjadi kecelakan, Terry pun berjanji akan bertanggung jawab. Selain itu, kelebihan mobil tersebut dapat digunakan secara manual bila sistem komputerisasi diretas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

 

Video Editor: Wisnu Aji Prasetiyo