Kamis 28 Jan 2016 14:04 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Cina dan AS Temukan Persamaan atas Uji Coba Nuklir Korut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — AS dan Cina sepakat mempercepat upaya-upaya PBB untuk mengekang ambisi nuklir Korea Utara dan akan mengeluarkan resolusi yang tegas dalam menanggapi uji coba terbaru tersebut.

Dilansir VOA Indonesia, pembicaraan antara Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Menteri Luar Negeri Cina Wang berlangsung hampir lima jam, jauh melampaui waktu yang dijadwalkan. Dalam pertemuan itu, John Kerry mengatakan, "Tindakan Kim Jong Un itu sembrono dan berbahaya. Apakah ia melakukan peledakan senjata hidrogen atau tidak, sama saja. Masalahnya adalah dia terus mencoba."

Keduanya masih mengupayakan apa yang akan disebutkan dalam resolusi. Ia mengatakan, ada banyak langkah berbeda bisa diambil yang tidak akan menghukum rakyat Korea Utara, termasuk kebebasan gerak bagi kapal-kapal, pengangkutan batu bara, bahan bakar, dan proses bea cukai di perbatasan.

Cina adalah sumber ekonomi Korea Utara. Ada kekhawatiran Cina enggan memberi tambahan hukuman bagi Korea Utara. Wang tidak memberi petunjuk tindakan apa yang akan dianggap Cina cocok sebagai hukuman, tetapi mengatakan Cina akan menerapkan seluruh isi resolusi itu dan bukan hanya bagian-bagiannya.

 

 

Video Editor: Casilda Amilah