Senin 25 Jan 2016 19:19 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Senyap Masuk Nominasi Piala Oscar 2016

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Film Indonesia the Look of Silence atau Senyap berhasil menembus nominasi Piala Oscar 2016. Senyap berhasil masuk ke dalam kategori film dokumenter terbaik. Film garapan sutradara Joshua Oppenheimer ini mengisahkan pembantaian massal tahun 1965 di Indonesia.

Alhasil, film ini menimbulkan pro-kontra saat penayangannya. Saat pembuatannya, sutradara mengakui suasananya sangat mencekam. Bahkan, tokoh dalam film ini beserta keluarganya disiapkan mobil untuk melakukan evakuasi bila sewaktu-waktu ada serangan.

Oppenheimer sebenarnya sudah kali kedua berhasil masuk kedalam nominasi Oscar. Sebelumnya, ia menyutradarai film dokumnter the Act of Killing atau Jagal dan berhasil masuk nominasi Oscar pada 2014. Bedanya, kali ini Oppenheimer menggunakan rumah produksi Indonesia.

Ini menjadikan Senyap sebagai film Indonesia pertama yang berhasil menembus nominasi Oscar. Sebelumnya, Senyap sudah mendapat beragam penghargaan internasional. Di antaranya pada 2016 Cinema Eye untuk kategori produser terbaik, sutradara terbaik, dan film dokumenter terbaik.

Saat ini, Senyap akan bertarung di Oscar 2016. Film tersebut akan bersaing dengan film Amy, Cartel Land, What Happened, Miss Simone?, dan Winter on Fire: Ukraines Fight for Freedom. Pengumuman Piala Oscar 2015 akan dilakukan pada 28 Februari mendatang. Apakah Senyap berhasil menang? Menarik kita tunggu.

 

Video Editor: Casilda Amilah