Selasa 08 Dec 2015 16:55 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Kabut Polusi, Pemerintah Cina Keluarkan Peringatan Merah

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Ibukota Cina telah mengeluarkan peringatan merah yang pertama dalam sejarah atas polusi udara, sementara pemerintah memperingatkan bahwa kabut polusi yang pekat akan menyelubungi Beijing dalam tiga hari mendatang.

Dilansir VOA Indonesia, pemerintah kota itu memerintahkan separuh mobil Beijing jangan dijalankan, dimana aturan nomor pelat ganjil-genap diberlakukan. Semua konstruksi di udara terbuka juga telah diperintahkan berhenti, sementara sekolah dasar dan SMP didesak agar tutup.

Perintah itu berlaku mulai hari Selasa (8/12) pagi sampai Kamis ketika suhu dingin diperkirakan akan mengurangi tingkat polusi.

Peringatan merah adalah yang tertinggi dalam sistem peringatan empat tingkat negara itu. Ini hanya dikeluarkan setelah kabut polusi yang parah diperkirakan akan berlangsung lebih dari 72 jam.

Peringatan itu dikeluarkan sementara pembicaraan iklim sedunia diadakan di Paris. Presiden Cina Xi Jinping telah berjanji akan mengambil tindakan mengenai emisi gas penyebab kenaikan suhu.

 

 

Video Editor: Casilda Amilah