Kamis 26 Nov 2015 11:31 WIB

Rep: Mgrol52/ Red: Sadly Rachman

Deteksi Dini, Ini 9 Faktor Rentan Serangan Jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit jantung salah satu penyebab utama kematian di dunia setelah kanker. Kardiolog dari rumah sakit Gleneagles, Singapura, Peter Ting menuturkan ada sembilan faktor risiko penyakit jantung yaitu, kolesterol tinggi, merokok, kurang berolahraga, stres, hipertensi, kegemukan dibagian perut, kekurangan nutrisi, diabetes, dan mengonsumsi alkohol.

Peter mengatakan deteksi dini untuk penyakit jantung sangat penting untuk mencegah gejala penyakit dimulai. Lalu, lakukan pola gaya hidup sehat dan cari informasi adanya hubungan riwayat keluarga yang memiliki kecenderungan menderita penyakit jantung.

Menurut Peter, yang harus melakukan deteksi dini adalah orang-orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung, memiliki sembilan faktor risiko menderita penyakit jantung, pria berusia lebih dari 45 tahun, wanita berusia lebih dari 55 tahun, dan pada usia yang lebih muda, namun memiliki sembilan faktor risiko penyakit jantung.

Data dari Badan Kesehatan Dunia WHO 2014 menunjukkan, 600 ribu kematian di Indonesia pada tahun 2014  banyak disebabkan oleh penyakit jantung, sehingga perlu adanya deteksi dini.

 

 

Videografer: Nursari Indah Manulang