Sabtu 31 Oct 2015 21:35 WIB

Rep: Mgrol52/ Red: Sadly Rachman

Khasiat Tiga Sampai Lima Cangkir Kopi Sehari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Anda yang suka mengkonsumsi kopi, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa minum 3-5 cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Penelitian yang dilakukan oleh Rumah Sakit Samsung Kangbuk di Seoul, Korea Selatan menunjukan dari 25.000 pria Korea dan wanita dengan usia rata-rata 41 tahun, tidak memiliki tanda-tanda penyakit jantung. Mereka mengkonsumsi kopi lebih dari satu cangkir sehari, seperti 1-3 cangkir sehari, atau 3-5 cangkir per hari bahkan lebih.

Penelitian ini menunjukkan rasio kalsium 0,77 untuk orang-orang yang mengkonsumsi kopi kurang dari satu cangkir per hari, 0,66 untuk mereka yang meminum satu sampai tiga cangkir setiap hari, 0,59 untuk mereka yang mengkonsumsi 3-5 cangkir per hari, dan 0,81 untuk orang-orang yang mengkonsumsi setidaknya lima cangkir atau lebih setiap hari dibandingkan dengan non-peminum kopi.

Dilansir dailymail, penelitian yang dilakukan tersebut membuktikan bahwa semakin banyak bukti jika  mengkonsumsi kopi mungkin berbanding terbalik dikaitkan dengan resiko penyakit jantung.